Ubah Strategi Saat Mengejar Lowongan Kerja
Jika anda pernah mencoba melakukan pencarian kerja di internet, dan ternyata itu berhasil. Hebat! Dan selamat untuk anda Tetapi jika anda telah mencobanya berkali-kali, namun tidak satupun pancingan anda membuahkan hasil, kejadian ini tidaklah aneh. Apalagi ketika ada dari mereka yang menyatakan bahwa pencarian kerja di internet itu pahit dan tidak mudah! Ini juga ada benarnya!
Mendapatkan pekerjaan melalui lowongan yang tersedia di internet itu sama halnya dengan memanfaatkan lowongan yang ada di dunia biasa, misalnya melalui koran, informasi mulut ke mulut, dll. Mendapatkan pekerjaan itu juga bisa dibilang susah sebelum adanya internet, begitu juga dengan menggunakan internet. Terutama bagi mereka yang tidak menggunakan strategi yang matang!
Jika anda memiliki pengalaman pahit untuk hal ini, anda tidak sendiri! Berikut ini beberapa kekecewaan dan keluhan dalam pencarian di internet ini.
1. Saya pesimis bisa mendapatkan pekerjaan melalui lowongan online. Karena banyak orang pintar yang udah memanfaatkannya.
2. Banyak menghabiskan waktu saya, tidak satupun yang berhasil!
3. Saya tidak pernah mendapatkan jawaban dari lamaran yang saya kirimkan.
4. Saya tidak pernah mendapatkan respon secara online. Menurut pendapat saya, jika anda tidak bekerja di lingkungan komputer, lupakan untuk melakukan pencarian kerja secara online.
5. Saya berfikir bahwa pengguna internet itu sangat terbatas, termasuk perusahaan yang menggunakannya. Saya pikir, meskipun hanya untuk pekerja kelas dasar, katakanlah untuk operator entri data saja, yang mereka butuhkan adalah orang hebat, dengan pengalaman bertahun-tahun.
Bagaimana? Itulah pendapat sebagian dari para pencari kerja yang tidak terlalu yakin akan penggunaan internet dalam memanfaatkan lowongan kerja yang tersedia.
Seperti diungkapkan oleh Margaret Riley dalam salah satu tulisannya mengatakan bahwa internet merupakan dimensi baru dalam proses perekrutan tenaga kerja bagi perusahaan, terutama bila dilihat dari perekrutan yang dilakukan secara tradisional. Mereka memanfaatkannya karena akan mempermudah kedua belah pihak, baik sebagai perekrut maupun sebagai yang direkrut. Jika anda memanfaatkan teknologi ini, yang perlu diingat bahwa waktu yang dibutuhkan dalam proses pencarian kerja yang baru maksimal mungkin hanya memakan 15% dari keseluruhan proses. Yang penting sebenarnya bukanlah internetnya saja, namun faktor pendukung lainnya pun harus diperhatikan. Yaitu strategi.
Mari kita lihat bersama, internet merupakan pintu untuk melihat peluang. Jika pintu itu terbuka untuk anda, peranan yang lain yang harus dimatangkan adalah proses perekrutan tersebut. mulai dari persiapan resume anda, bagaimana anda mempromosikan diri anda sendiri, bagaimana menindaklanjuti hingga proses wawancara, dst. Inilah termasuk kuncinya. Anda menemukan pintu masuk, namun tidak membawa materi yang tepat, tentu anda akan terdepak begitu saja. Atau pada saat wawancara yang tidak beres, tentu akan berpengaruh terhadap penentuan anda akan diterima atau tidaknya pada bidang kerja dan perusahaan yang anda minati.
Berikut ini beberapa aturan singkat yang perlu diperhatikan agar anda dapat berhasil menarik perhatian mereka dan membuat mereka bisa yakin untuk merekrut anda.
1. Kenalilah hal yang terbaik yang anda miliki, serta skill yang anda punya.
2. Kenalilah apa sebenarnya pekerjaan yang anda inginkan sehingga anda menyenangi pekerjaan tersebut.
3. Berbicaralah dengan orang-orang yang menurut anda bisa membantu anda. Termasuk dengan orang-orang yang bekerja pada bidang yang anda minati, temukan bagaimana mereka menyukai pekerjaan mereka, dan bagaimana mereka menemukan pekerjaan untuk mereka. Belajarlah dari pengalaman mereka.
4. Lakukanlah riset kecil, lalu, tentukan diarea mana pada suatu perusahaan bidang pekerjaan yang anda minati tersebut berada, sehingga anda dapat menemukan apa saja permasalahan dan tantangan yang ada.
5. Identifikasi dan temukan siapa orang kunci yang sebenarnya memiliki kekuatan untuk merekrut anda, gunakan kontak person yang anda miliki selama ini, siapa pun yang anda kenal tentunya, terutama untuk menemukan orang kunci tersebut.
6. Tunjukan kepada orang kunci tersebut kekuatan yang anda miliki, terutama dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang bisa anda bantu dan selelsaikan, bahwa anda adalah orang yang pantas untuk itu.
7. Jangan merasa gagal secara pribadi ketika anda tidak berhasil. Perlu diingat bahwa ada dua tipe pekerja yang ada pada suatu perusahaan, yaitu mereka yang tidak memiliki kemampuan terutama dengan skill yang anda miliki (misalnya karena umur, latar belakang, tidak memiliki pengalaman, dll.) dan orang yang tidak bisa mengerjakan pekerjaan dari permasalahan yang mereka hadapi, sementara anda bisa menyelesaikannya.***
--------------------------------------------------
by jack Febrian
source: http://artikel.total.or.id/
jack Febrian -- Dosen dan Praktisi Teknologi Informasi di Bandung. Telah menulis beberapa buku, diantaranya Menggunakan Internet, Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, Menjelajah Dunia dengan Google, Tentang Pendidikan Tinggi di Indonesia, dll.
================================================
How To Create A List Of Warm Contacts
Usually when you are looking for a job, you would ask for help from family and friends. You would contact these people to ask for information on current job openings, business opportunities and tips. Your family, relatives and friends belong to your warm contact list. The warm contact list is the list of people with whom you have or had some personal association. A former classmate, officemate or neighbor may belong to your warm contact list.
Who may be included in your warm contact list? Here are a number of selections.
1. Relatives and Friends
These people are always willing to help you in your job search or business venture. They will be able to provide you information if they have some, or refer you to trustworthy people who will be able to help you. If they will introduce you to some of their contacts, they can surely provide honest information to you regarding the person you are going to associate with.
2. Members of the church, political party, social club or fraternity or sorority
You probably did not expect it, but people who share the same faith, beliefs or hobbies may also help you with finding a job. You may have a different career from theirs, but they might know somebody who is in the same field or will be able to help you in your career.
However, depending on your level of association with them, they may think twice about giving their opinion or thoughts about their contacts. Their opinion can sometimes help you in making a strategy on how to approach and ask for help from their contacts.
3. People who sell you things
You may think that your relationship with these people is purely based on trading goods and services, then paying for them. However, people who sell you things are also sources of information when networking. Since these people sell their goods to different types of persons, they may have associated with somebody who belongs to the same field as you do, or have heard information about your target job from their other clients.
These people will also be happy to help you, since they know that maintaining a pleasant relationship with you means a stable business. Also, if you have a good job means you have increased your purchasing power, and then it could also mean that you may purchase more from them.
4. Former employers, colleagues or co-workers
Maintaining a good relationship with previous employers and colleagues has more benefits than you can imagine. This is the reason that most people try their best to iron out any difficulties with their previous employers even if they are no longer associated with the company. Aside from the possibility that your potential employer will call previous employers when they review your job history, former employers and colleagues are also a good source of information related to that field.
When you ask for help from family and friends, there is the possibility that the information that they can give to you is just from another source. They may not be able to give you first-hand information or detailed information unless they also work in the same field that you came from or would like to go into. This is very different when you consult former employers and colleagues from the same sector. They will be able to provide you with valuable information and may be able to clarify such information and answer you questions.
5. Members of your professional organization
If you belong to a professional organization related to the field in which you are looking for a job, you can consult the organization for current posting from the members. If you don't belong to any, consider joining one since this will be beneficial to you career growth.
A professional organization can provide you unbiased information on current job openings from its members. The organization can also give you details on the company profile and even on current market and career trends.
These are the most important people that you should include when creating a list of your warm contacts. It is better if you contact them all so you can have as many options in your job search. When you talk to them, tell them that you are actively seeking a job.***
---------------------------------------------------------
by Maxwell Hurst
Let Maxwell Hurst uncover the secrets of Job Aquisition for you. With his expert assistance You Too can land the Job of your Dreams! http://www.jobhunterhandbook.com
Jika anda pernah mencoba melakukan pencarian kerja di internet, dan ternyata itu berhasil. Hebat! Dan selamat untuk anda Tetapi jika anda telah mencobanya berkali-kali, namun tidak satupun pancingan anda membuahkan hasil, kejadian ini tidaklah aneh. Apalagi ketika ada dari mereka yang menyatakan bahwa pencarian kerja di internet itu pahit dan tidak mudah! Ini juga ada benarnya!
Mendapatkan pekerjaan melalui lowongan yang tersedia di internet itu sama halnya dengan memanfaatkan lowongan yang ada di dunia biasa, misalnya melalui koran, informasi mulut ke mulut, dll. Mendapatkan pekerjaan itu juga bisa dibilang susah sebelum adanya internet, begitu juga dengan menggunakan internet. Terutama bagi mereka yang tidak menggunakan strategi yang matang!
Jika anda memiliki pengalaman pahit untuk hal ini, anda tidak sendiri! Berikut ini beberapa kekecewaan dan keluhan dalam pencarian di internet ini.
1. Saya pesimis bisa mendapatkan pekerjaan melalui lowongan online. Karena banyak orang pintar yang udah memanfaatkannya.
2. Banyak menghabiskan waktu saya, tidak satupun yang berhasil!
3. Saya tidak pernah mendapatkan jawaban dari lamaran yang saya kirimkan.
4. Saya tidak pernah mendapatkan respon secara online. Menurut pendapat saya, jika anda tidak bekerja di lingkungan komputer, lupakan untuk melakukan pencarian kerja secara online.
5. Saya berfikir bahwa pengguna internet itu sangat terbatas, termasuk perusahaan yang menggunakannya. Saya pikir, meskipun hanya untuk pekerja kelas dasar, katakanlah untuk operator entri data saja, yang mereka butuhkan adalah orang hebat, dengan pengalaman bertahun-tahun.
Bagaimana? Itulah pendapat sebagian dari para pencari kerja yang tidak terlalu yakin akan penggunaan internet dalam memanfaatkan lowongan kerja yang tersedia.
Seperti diungkapkan oleh Margaret Riley dalam salah satu tulisannya mengatakan bahwa internet merupakan dimensi baru dalam proses perekrutan tenaga kerja bagi perusahaan, terutama bila dilihat dari perekrutan yang dilakukan secara tradisional. Mereka memanfaatkannya karena akan mempermudah kedua belah pihak, baik sebagai perekrut maupun sebagai yang direkrut. Jika anda memanfaatkan teknologi ini, yang perlu diingat bahwa waktu yang dibutuhkan dalam proses pencarian kerja yang baru maksimal mungkin hanya memakan 15% dari keseluruhan proses. Yang penting sebenarnya bukanlah internetnya saja, namun faktor pendukung lainnya pun harus diperhatikan. Yaitu strategi.
Mari kita lihat bersama, internet merupakan pintu untuk melihat peluang. Jika pintu itu terbuka untuk anda, peranan yang lain yang harus dimatangkan adalah proses perekrutan tersebut. mulai dari persiapan resume anda, bagaimana anda mempromosikan diri anda sendiri, bagaimana menindaklanjuti hingga proses wawancara, dst. Inilah termasuk kuncinya. Anda menemukan pintu masuk, namun tidak membawa materi yang tepat, tentu anda akan terdepak begitu saja. Atau pada saat wawancara yang tidak beres, tentu akan berpengaruh terhadap penentuan anda akan diterima atau tidaknya pada bidang kerja dan perusahaan yang anda minati.
Berikut ini beberapa aturan singkat yang perlu diperhatikan agar anda dapat berhasil menarik perhatian mereka dan membuat mereka bisa yakin untuk merekrut anda.
1. Kenalilah hal yang terbaik yang anda miliki, serta skill yang anda punya.
2. Kenalilah apa sebenarnya pekerjaan yang anda inginkan sehingga anda menyenangi pekerjaan tersebut.
3. Berbicaralah dengan orang-orang yang menurut anda bisa membantu anda. Termasuk dengan orang-orang yang bekerja pada bidang yang anda minati, temukan bagaimana mereka menyukai pekerjaan mereka, dan bagaimana mereka menemukan pekerjaan untuk mereka. Belajarlah dari pengalaman mereka.
4. Lakukanlah riset kecil, lalu, tentukan diarea mana pada suatu perusahaan bidang pekerjaan yang anda minati tersebut berada, sehingga anda dapat menemukan apa saja permasalahan dan tantangan yang ada.
5. Identifikasi dan temukan siapa orang kunci yang sebenarnya memiliki kekuatan untuk merekrut anda, gunakan kontak person yang anda miliki selama ini, siapa pun yang anda kenal tentunya, terutama untuk menemukan orang kunci tersebut.
6. Tunjukan kepada orang kunci tersebut kekuatan yang anda miliki, terutama dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang bisa anda bantu dan selelsaikan, bahwa anda adalah orang yang pantas untuk itu.
7. Jangan merasa gagal secara pribadi ketika anda tidak berhasil. Perlu diingat bahwa ada dua tipe pekerja yang ada pada suatu perusahaan, yaitu mereka yang tidak memiliki kemampuan terutama dengan skill yang anda miliki (misalnya karena umur, latar belakang, tidak memiliki pengalaman, dll.) dan orang yang tidak bisa mengerjakan pekerjaan dari permasalahan yang mereka hadapi, sementara anda bisa menyelesaikannya.***
--------------------------------------------------
by jack Febrian
source: http://artikel.total.or.id/
jack Febrian -- Dosen dan Praktisi Teknologi Informasi di Bandung. Telah menulis beberapa buku, diantaranya Menggunakan Internet, Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, Menjelajah Dunia dengan Google, Tentang Pendidikan Tinggi di Indonesia, dll.
================================================
How To Create A List Of Warm Contacts
Usually when you are looking for a job, you would ask for help from family and friends. You would contact these people to ask for information on current job openings, business opportunities and tips. Your family, relatives and friends belong to your warm contact list. The warm contact list is the list of people with whom you have or had some personal association. A former classmate, officemate or neighbor may belong to your warm contact list.
Who may be included in your warm contact list? Here are a number of selections.
1. Relatives and Friends
These people are always willing to help you in your job search or business venture. They will be able to provide you information if they have some, or refer you to trustworthy people who will be able to help you. If they will introduce you to some of their contacts, they can surely provide honest information to you regarding the person you are going to associate with.
2. Members of the church, political party, social club or fraternity or sorority
You probably did not expect it, but people who share the same faith, beliefs or hobbies may also help you with finding a job. You may have a different career from theirs, but they might know somebody who is in the same field or will be able to help you in your career.
However, depending on your level of association with them, they may think twice about giving their opinion or thoughts about their contacts. Their opinion can sometimes help you in making a strategy on how to approach and ask for help from their contacts.
3. People who sell you things
You may think that your relationship with these people is purely based on trading goods and services, then paying for them. However, people who sell you things are also sources of information when networking. Since these people sell their goods to different types of persons, they may have associated with somebody who belongs to the same field as you do, or have heard information about your target job from their other clients.
These people will also be happy to help you, since they know that maintaining a pleasant relationship with you means a stable business. Also, if you have a good job means you have increased your purchasing power, and then it could also mean that you may purchase more from them.
4. Former employers, colleagues or co-workers
Maintaining a good relationship with previous employers and colleagues has more benefits than you can imagine. This is the reason that most people try their best to iron out any difficulties with their previous employers even if they are no longer associated with the company. Aside from the possibility that your potential employer will call previous employers when they review your job history, former employers and colleagues are also a good source of information related to that field.
When you ask for help from family and friends, there is the possibility that the information that they can give to you is just from another source. They may not be able to give you first-hand information or detailed information unless they also work in the same field that you came from or would like to go into. This is very different when you consult former employers and colleagues from the same sector. They will be able to provide you with valuable information and may be able to clarify such information and answer you questions.
5. Members of your professional organization
If you belong to a professional organization related to the field in which you are looking for a job, you can consult the organization for current posting from the members. If you don't belong to any, consider joining one since this will be beneficial to you career growth.
A professional organization can provide you unbiased information on current job openings from its members. The organization can also give you details on the company profile and even on current market and career trends.
These are the most important people that you should include when creating a list of your warm contacts. It is better if you contact them all so you can have as many options in your job search. When you talk to them, tell them that you are actively seeking a job.***
---------------------------------------------------------
by Maxwell Hurst
Let Maxwell Hurst uncover the secrets of Job Aquisition for you. With his expert assistance You Too can land the Job of your Dreams! http://www.jobhunterhandbook.com
Jangan Lupa Share Artikel Ini Ya...?
Bagikan artikel ini ke temanmu melalui "SosMed" kamu di bawah ini:
Bagikan artikel ini ke temanmu melalui "SosMed" kamu di bawah ini:
Comments :
0 komentar to “Ubah Strategi Saat Mengejar Lowongan Kerja”
Post a Comment
>>
Setiap komentar yang Anda berikan sangat kami hargai. Terlebih komentar yang bersifat membangun dan bermanfaat bagi pembaca yang lain. Setiap komentar yang masuk akan kami lihat terlebih dahulu sebelum ditayangkan untuk menjaga komentar yang bersifat SPAM, cabul, promosi link / produk atau segala hal yang bersifat fitnah dan tidak sesuai dengan misi situs ini.
Silahkan tulis komentar Anda pada kolom di bawah ini.
Panjang komentar tidak dibatasi. Komentar bisa berisi pendapat, pengalaman pribadi, opini publik dan sebagainya.
Terima kasih sebelumnya atas komentar yang Anda berikan. :)
.