Sudahkah Anda daftarkan blog Anda ke Blog Directory?
.

Bagaimana Cara Meraih Peluang?

Bagaimana Cara Meraih Peluang?

Penyusunan strategi dalam mendapatkan pekerjaan merupakan langkah yang digunakan untuk meraih peluang yang lebih besar dalam rangka meraih peluang karir dan kerja anda. Paling tidak terdapat lima langkah penting yang harus dilakukan. Jika anda melupakan satu saja dari hal tersebut, maka kemampuan anda akan melemah.

Inilah kelima langkah tersebut yang berkaitan erat dengan keberhasilan anda dalam pencarian peluang kerja.

1. Memarketingkan diri
2. pembuatan surat pengantar yang dinamis
3. membuat isi riwayat hidup yang menampilkan percaya diri
4. miliki keahlian kuat dalam wawancara
5. lakukan follow up.

1. Memarketingkan Diri
Persiapan bagian ini merupakan salah satu langkah penting dalam melakukan pencarian kerja. Kekuatan dari persiapan anda ini akan membawa anda melalui proses pencarian. Persiapan tersebut meliputi:

- ketetapan hati dalam menampilkan kekuatan dan kelamahan anda
- mengevaluasi pekerjaan anda dan karir yang diminati
- perkokoh jenjang karir anda dari satu ke yang lainnya
- analisa secara geografis tentang daerah yang diminati
- kembangkan daftar pekerja yang berpotensi
- gunakan media yang mampu memperkenalkan diri anda ke daerah pencarian, sehingga orang-orang dengan mudah menemukan anda.
- Jalin hubungan dengan setiap orang yang mungkin dapat menyediakan jalur pekerjaan dan karir.
Cara terbaik untuk mempersiapkan dalam memperkenalkan diri anda adalah dengan menggunakan internet serta media lainnya, sehingga anda mudah dikenal oleh orang lain.

2. Membuat Surat Pengantar yang Dinamis
Ketika anda selesai mempersiapkan diri untuk diperkenalkan, pada langkah selanjutnya, anda dapat mempersiapkan surat pengantar untuk dikirimkan kepada mereka yang akan menerima anda. Diantaranya adalah dengan :

- Alamatkan surat tersebut kepada personal,
- Ambil perhatian pembaca pada paragrap pertama dalam surat tersebut.
- Tampilkan dengan rasa percaya diri, namun tidak orogan.
- Fokuskan pada prestasi, kepandaian dan kecakapan anda, bukan pada tanggung jawab.
- Tulis tidak lebih dari satu halaman.
- Gunakan kata kunci yang berkaitan penting dengan bidang kerja

3. Resume
Resume atau sebuah riwayat hidup merupakan sebuah dokumen yang menerangkan tentang pengalaman kerja anda, pendidikan anda serta training yang anda ikuti, serta keahlian anda dalam bekerja.

Pembiatan resume yang baik merupakan media marketing tentang diri anda. Anda harus mengenal tentang diri anda, dengan asumsi penerima kerja merupakan pembeli. Kenapa mereka harus merekrut anda? Resume anda merupakan media yang sangat membantu anda untuk itu.

Kuncinya antara lain adalah:
- Dengan jelas menerangkan tentang diri anda
- Berisi informasi bagaimana penerima pekerja bisa mengontak anda
- Menerangkan tentang keahlian dalam karir anda, bidang yang diminati, dan kekuatan yang anda miliki,
- Fokus kepada keahlian, kepandaian serta prestasi yang anda miliki.
- Menjelaskan tentang keberhasilan anda dalam bidang pendidikan,
- Menggunakan kata kunci yang dibutuhkan oleh penerima kerja,
- Tidak lebih dari satu halaman untuk mereka yang baru saja menamatkan pendidikan, dan tidak lebih dari dua halaman untuk yang lainnya.

4. Keahlian Kuat Dalam Wawancara
Tidak peduli bagaimana introvertnya anda, setiap orang dapat mempelajari bagaimana melewati proses wawancara dengan baik. Ini adalah hal yang mudah untuk mempelajari aturan dasarnya, lalu praktekkan, dan perbaiki teknik yang anda gunakan sesering yang anda bisa.

Perlu diingat, sehebat apapun marketing tentang diri anda, pembuatan surat pengantar, dan riwayat hidup anda, anda bisa-bisa kehilangan peluang jika proses wawancara ini tidak dilewatkan dengan baik.

Berikut ini beberapa hal mendasar tentang wawancara tersebut.
- Penampilan dan aksi pertama anda adalah kunci,
- Pewawancara umumnya dapat mengenal anda sekilas dalam waktu lima menit pertama,
- Penggunaan pakaian tidak hanya sebuah klise, gunakanlah pakaian yang layak untuk proses tersebut.
- Anda perlu mencoba dan mengontrol tempo serta arah pembicaraan, jangan hanya merespon mereka, namun ambil juga inisiatif.
- Persiapkan juga jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pewawancara dengan baik.
- Persiapkan juga pertanyaan, sehingga memperlihatkan bahwa diri anda juga proaktif melalui proses wawancara ini.
- Perlu diingat, bahwa anda sedang menjual sebuah produk, yaitu diri anda sendiri, jadi jangan terlalu rendah hati.

5. Tindak Lanjuti
Ini merupakan domino terakhir yang penting untuk keberhasilan anda. Jika anda tidak menindaklanjuti mereka, anda bisa-bisa gagal di sini, yaitu pada langkah terakhir.

Ikuti langkah berikut:
- Telpon mereka yang mewawancarai anda, tanyakan tentang wawancara,
- Telpon kembali mereka untuk menunjukkan minat anda, dan anda percaya diri untuk itu,
- Kirimkan surat pengantar dan riwayat hidup anda segera, terutama apabila mereka menanyakan hal ini.***

--------------------------------------------------
by jack Febrian
source: http://artikel.total.or.id/
jack Febrian -- Dosen dan Praktisi Teknologi Informasi di Bandung. Telah menulis beberapa buku, diantaranya Menggunakan Internet, Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, Menjelajah Dunia dengan Google, Tentang Pendidikan Tinggi di Indonesia, dll.


================================================

Four Steps a Recruiter Takes to Trash CVs and Resumes

Having 200-300 CVs or resumes to analyse, a tight schedule, and probably working late, an employer's or recruiting manager's approach is to scan the huge pile quickly and look for any little reason to trash your CV or resume. Learn how to avoid your CV or resume being trashed and how to almost guarantee that it gets noticed and shortlisted. The scenario described above of a recruiting manager or employer is fairly typical. With hundreds of CVs or resumes, little time, and the pressure of identifying the best person for the job, the strategy a recruiter takes is to first eliminate all those who show any little sign of being worthy of elimination. And the basis of that is your CV and resume, highlighting the great importance attached to this one or two page document.

So what happens when the pile of 300 CVs and resumes are put in front of the recruitment manager? Well there are three main steps, which are taken to filter the pile. Filtering is needed to choose appropriate candidates for the interview stage. So those not worthy of being interviewed have their CVs or resumes trashed. Let’s take a look at them one by one.

The first stage: The 5-10 second glance

The recruitment manager is not going to spend minutes going through each CV or resume to find what he is looking for. Rather, his first step is to spend at the most 10 seconds to take a quick glance at mainly the first page and the following page(s) if the first page interests him. So the process of elimination begins with the following:

1. Any CV or resume which is longer than 4 pages will be trashed. This is generally the case, unless the employer requires a detailed career history. But most CVs are no longer than three pages, and as for resumes they should be shorter. So the recruitment manager will not be bothered reading anything over 4 pages.

2. Any CV or resume that does not have a profile, or objective or similar paragraph and an easy discernible list of skills on the front page will get trashed. The recruitment manager does not want to start scanning your CV or resume to see if he can find where your skills and achievements are, or what you are qualified to do. You are supposed to present that to the recruitment manager using your career marketing tool, the CV or resume.

3. Any CV or resume which is written in long sentences and lengthy paragraphs and where a quick glance does not allow the identification of relevant information, such as skills and achievements will get trashed. The recruitment manager is not there to read essays or novels.

4. Any CV or resume which is annoying. This is mainly due to bad formatting. Things such as using many different fonts and font sizes, cluttering the information with little white space, making it harder to read. Also the use of excessive underlining, bold and italics, in combination. All of these matters make the CV or resume difficult to read and follow and annoys the recruitment manager.

By now the recruitment manager has gladly trashed 70% of all the pile and is left with around 80-90 CVs or resumes. Happy with the time he has saved, he or she can now spend a little more quality time scanning what remains.

The second stage: 10-15 second glance at the first page

At this point, the recruitment manager is looking for what is specifically relevant. This requires a match between the skills required for the job and the skills and achievements presented by you. So without really looking at your or CV or resume in too much detail, he simply wants to identify what have you got to offer and does it match his or her organisation’s requirements. He or she will be looking to identify this on the first page and without having to try hard to locate this information. The match could be general or it could be specific.

But because the recruitment manager is only interested in a general match, spending a relatively small amount of time (10-15 seconds) in gauging this, he will include CVs or resumes at this stage which will still be filtered later. By now there around 40 CVs or resumes that remain, about half from the first stage of filtering.

The third stage: Short listing for the interview stage

Here the recruitment manager spends a little more time, and picks out those CVs and resumes that have a specific match, or a very close match to the job requirements, and these are considered potential candidates. Here, the method of the recruitment manager has changed from elimination of irrelevant CVs and resumes to picking out highly relevant and quality matches. So after this stage, about two-thirds of the remaining pile will be discarded and we have around 15 CVs or resumes that remain.

The fourth stage: Picking candidates from the short list

It is only at this point that the recruitment manager will now look in more detail and go beyond the first page of the CV or resume to pick candidates from the short list. There are a number of factors that the recruitment manager will be focusing upon:

1. Is the candidate’s latest work experience related to the job being offered

2. Does the candidate have a strong academic background

3. What type of companies has the candidate worked for

4. What achievements has the candidate demonstrated from previous jobs

5. What non-technical and job-specific skills does the candidate possess

After looking at these factors, the final interview list will be prepared which can be less than 5 candidates. So, have you got a CV or resume that will survive these four steps? The reality of the recruitment process shows that you need a targeted and focused CV or resume that not only grabs attention by showing a skills match, but is also crafted, worded and formatted to give you an edge over other candidates. ***

-----------------------------------------------------
by Dr. Amjad Rafiq
Dr. Amjad Rafiq is a careers consultant who has provided online solutions for International recruitment agencies. He is also the developer of http://www.mycvbuilder.com which is an online CV building service that combines all the various elements to creating winning CVs and resumes.

Jangan Lupa Share Artikel Ini Ya...?
Bagikan artikel ini ke temanmu melalui "SosMed" kamu di bawah ini:


Comments :

0 komentar to “Bagaimana Cara Meraih Peluang?”

Post a Comment

>>
Setiap komentar yang Anda berikan sangat kami hargai. Terlebih komentar yang bersifat membangun dan bermanfaat bagi pembaca yang lain. Setiap komentar yang masuk akan kami lihat terlebih dahulu sebelum ditayangkan untuk menjaga komentar yang bersifat SPAM, cabul, promosi link / produk atau segala hal yang bersifat fitnah dan tidak sesuai dengan misi situs ini.

Silahkan tulis komentar Anda pada kolom di bawah ini.
Panjang komentar tidak dibatasi. Komentar bisa berisi pendapat, pengalaman pribadi, opini publik dan sebagainya.

Terima kasih sebelumnya atas komentar yang Anda berikan. :)
.

New Expert Authors

# dr. R. Agusti Sp.PD-KGEH
Seorang dokter spesialis Gastroenterologi-Hepatologi pada beberapa Rumah Sakit swasta di Tangerang. Pembicara di berbagai seminar, terutama pada masalah penyakit Gastroenterologi-Hepatologi.

# Johan Suhardi
Anggota Kadin dan juga seorang Pembicara Motivasi. Suka menulis dan memegang beberapa perusahaan Consumer Goods di Batam dan Jakarta.

# M. Supriyadi, SE
Accounting Manager PT. Samudra Berdikari Jaya, Jakarta. Menulis beberapa artikel di beberapa surat kabar Ibu kota. Tergabung dalam klub kesehatan Sehati Club Tanggerang.

# Drs. Julian M. Toha
Pengamat Politik Timur Tengah. Mengisi siaran pada salah satu radio swasta di Surabaya. Penulis Buku "Dari Gaza, Sebuah Suara Pilu" ini hobi bonsai dan koleksi jam kuno.

# Ir. Wijayanto Dahlan
Chief Engineer pada PT. Perkasa Dean Steel, Batam. Lulusan ITB ini juga aktif di Club Paralayang dan memiliki hobi memancing. Pernah diundang menjadi pembicara di beberapa seminar di Singapore.

# Jumadi Suryo
Seorang Internet Marketer dan SEO. Memiliki Blog yang pernah direlease di majalah The Comp, Canada. Sekarang staff pengajar di beberapa lembaga kursus Internasional di Jakarta.

# Timya Gayatri, SH.
Seorang pengacara perempuan dan pengamat hukum Internasional. Menulis banyak artikel di beberapa majalah hukum luar negeri. Sekarang sebagai "dosen terbang" di salah satu Perguruan Tinggi di Australia.

# Robert Jayadi
Seorang pengusaha bisnis waralaba. Terhimpun dalam organisasi Franchise Asia yang berpusat di Singapore. Menulis banyak artikel tentang dunia franchise dan permasalahannya. Seorang pengusaha sukses.

Anda Punya Blog...?

Pasang Logo IndexArticles.com di blog Anda. Silahkan klik tombol ''Highlight All'' dan copy-paste-kan code html di dalamnya di blog Anda.


Here's what the logo looks like:
 

Copyright © 2009 by: www.IndexArticles.com

Proudly Powered by: Blogger
Designed by blogtemplate4u.com | Blogspot Tutorial